EVOLUSI SISTEM OPERASI

Sedikit kita menyinggung sejarah tentang perkembangan sistem operasi. Sistem operasi semakin tahun ke tahun semkin di tingkatkan baik kinerja maupun dalam Grafical User Interface (GUI). Perkembangan sistem operasi di bagi menjadi 5 generasi dari generasi ke 0 sampai generasi ke 4. Kita langsung bahas saja mulai dari awal satu persatu.

1. Generasi ke 0: mechanical part / bagian mekanika
Komputer digital pertama kali diciptakan oleh charles Babbage(1732-1871) merupakan ahli matematika di Inggris. Mesin ini mempunyai desain mekanik dimana terdapat roda gigi, gear, dan sejenisnya. Komputer ini sangat lambat dan kurang dapat dipercaya. Ada pertanyaaan di dalam sistem operasi jenis untuk jenis ini.
2. Generasi ke 1: vakum tabung
Beberapa dekade kemudian berkembanglah dari mekanika ke elektrik. Sekitar tahun 1945 Howard Aiken di Havard, John von Neumann di Priceton, J.Eckert dan Willian Mauchely di Universitas Pennsylvania dan K.Zuse di Jerman sukses dalam mendesain berupa vakum tabung dengan sentral komponen. Mesin ini sangat besar dan masih menggunakan penghasil panas. Pemrograman hanya bisa di lakukan dengan bahasa pemrograman mesin. Belum terdapat bahasa assembly atau bahasa tingkat tinggi. Sistem operasi yang digunakan adalah single-user machines yang mana penggunaan sebagai user atau programmer sangat lah unfriendly user.
3. Generasi ke 2: Transistor
Tahun 1955, transistor diperkenalkan oleh USA di AT&T. Permasalahan mengenai tabung vakum sudah tidak dibahas lagi. Untuk pertama kalinya kategori baru yang disebut programmer, sistem analisis, desain mulai dibedakan entitinya. Generasi ini memperkenalkan bahasa Assembly sebagai bahasa generasi kedua dan FORTRAN sebagai bahasa tingkat tinggi(generasi bahasa ketiga) dan pekerjaan sebagai programmer sangatlah simple. Akan tetapi banyaklah pertanyaan mengenai pelampiran terminal yang banyak. Operator terlalu sibuk untuk memuat dan mengunggah kartu dan tape sebelum dan sesudah pekerjaan. Dalam satu waktu hanya satu ekerjaan yang dapat dijalankan. Ini sangatlah membuang-buang waktu dan inilah kondisi saat IBM-1401 digunakan saat itu.
Dalam periode ini mode dalam pemanfaatan file masih menggunakan sequential atau berurutan. Database Management Systems (DBMS) dan sistem online belum digunakan. Di dalam era ini banyak perusahaan yang memperkenalkan library yang standart seperti Input Output Control System (IOCS) yang dikembangkan oleh bahasa asembly IBM-1401 yang disebut ‘autocoder’. Library ini membantu programmer karena mereka tidak lagi jenuh dengan code-code dan terhindar dari rawan kesalahan setiap waktu.
Tahun 60 an, banyak perusahaan yang memulai memproduksi komputer mereka dengan sistem operas seperti nation Cash REgister (NCR), Control Data Corporation(CDC), General Elektric(GE), Burroughs. Burroughs adalah salah satu perushaan yang memproduksi sistem operasi dengan fitur yang banyakdigunakan saat ini seperti multiprogramming, multiprocessing, dan virtual storage.
4. Generasi ke 3 : Intergrated circuits / rangkaian terpadu
IBM mengeluarkan 4 jenis sistem operasi sebagai berikut:
  1. CP-67/CMS untuk berdaya 360/67, menggunakan virtual storage
  2. OS/MVT untuk sistem 360 besar
  3. OS/MFT untuk sistem 360 sedang
  4. DOS/360 untuk sistem 360 kecil
Keuntungan  di dalam jenis komputer ini pun ada. Beberapa keuntungan sebagai berikut:
A. Intergrated Circuits
Sistem 360 telah menggunakan Intergrated Circuits (IC) daripada transistor. Dengan IC biaya murah, komputer lebih kecil dan performansinya lebih meningkat
B. Portability
Sistem operasi sistem 360 ini ditulis dengan bahasa assembly. Namun, ini sangat rumit dan  membutuhkan waktu untuk menulis serta pemeliharaannya. Terdapat banyak bug juga sepanjang waktu dikarenakan ini ditulis untuk mesin yang spesifik dan bahasa assembly untuk mesi, mereka terkait dengan perangkat keras atau hardware.
C. Job Control Language.
Job Control Language (JCL) di buat dengan tujuan untuk mengijinkan komunikasi antara user/programmer dan komputer serta sistem operasi. Dengan JCL user/programmer dapat menginstruksi komputer dan sistem operasi menjalankan suatu pekerjaan seperti membuat file,  memilah file.
D. Multiprogramming
Sistem operasi mendukung program batch tetapi ini mendukung multiprogramming sehingga menjadi terkenal. Memori fisik sudah mulai dipecah menjadi beberapa partisi. Akan tetapi , karena ada 1 CPU sehingga dalam satu waktu hanya bisa mengeksekusi program hanya satu saja. Ada kebutuh untuk mekanisme untuk menghubungkan CPU dari satu program ke program yang selanjutnya.
untitled
Sumber: Operating System 3E hal 7
E. Spooling
Spooling atau bisa disebut juga Stimultaneously Peripheral Operations On-line. sppoling ini memiliki 2 keuntungan  yaitu pertama, memungkinkan kelancaran  operasi multiprogramming. Kedua, semua I/O dari semua pekerjaan pada dasarnya dikumpulkan bersama-sama dalam metode spooling.

Sumber: Operating System 3E hal 8
F. Time Sharing
Time sharing dimaksudkan untuk meminimalkan waktu respon yang digunakan untuk pengelolaan transaksi, mode interaktir. Perintah-perintah yang dimasukkan ke sistem operasi dimasukkan pada terminal. Salah satu sistem operasi time sharing pertama yang waktu itu akan di buat adalah Compatible Time-Sharing System(CTSS)[CORB62] yang dikenal sebagai Project MAC(Machine-Aided Cognition atau Multi-Access Computers). sistem itu dibuat pertama kali untuk IBM 709 dan 1961 kemudian dialihkan ke IBM 7094.
5. Generasi ke 4 : Large Scale Intergration / intergrasi skala besar
Generasi komputer sudah menjadi kecil tidak sebesar ruangan lagi. Ini adalah era mikrokomputer dan personal komputer (PC). Sistem operasi yang dibuat pertama kali di mikrokomputer adalah control Program for Mikrokomputer (CP/M). Sistem operasi ini dikembangkan ole Intel 8080  di tahun 1974 sebagai sistem file oleh Gary Kindall. Setelah CP/M dilisensikan banyak utility seperti debugger,, editros, dll dikembangkan dan CP/M pun menjadi sangat terkenal. kemudian muncul 16-bit yang multiuser, time sharing MP/M di desain dengan kapabiltasnya dan kemudian genuine mulai berkompetisi dengan mini komputer.
Setelah adanya IBM-PC yang berada di intel 8086 kemudian datanglah model sistem operasi yaitu “Disk Operating System (DOS)”. Perusahaan yang disebut sebagai Seatle Computer mengembangkan sistem operasi yang disebut sebagai QDOS untuk intel 8086. Microsoft Corporation merealisasikan produk ini, memberikan projek dari intel 8086 menjadi terkenal. QDOS inilah yang nantinya menjadi MS-DOS. MS-DOS adalah sistem operasi yang single user dan user friendly. Setelah itu banyak produki yang muncul seperti Database system(dBASE), Word Processing (WORDSTAR), Spreadsheet (LOTUS 1-2-3) dan banyak produk lainnya yang berada di bawah MS–DOS. Bahsa pemrograman pun menjadi variasi terutama bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti BASIC, COBOL dan C. Kemudian MS-DOS berevolusi menjadi UNIX.
IBM dan Microsoft pun bergabung dan membuat sistem operasi yang disebut OS/2. Sistem operasi ini berjalan di mesin 286 dan 386 dan sangatlah multi-user. Kedatangan komputer 386 dan 486 mulai menggunakan tampilan yang grafik menjadi realistik dan cepat. Kemudian GUI (Graphical User Interface) menjadi penting di dalam aplikasi.
Dibawah kedua perusahaan tersbut berkembangkalah sistem operasi MS-Windows, NOS, DOS, Windows 2000, Windows NT, Windows 95, Windows 98, Windows XP, Windows vista, Windows 7, dan yang terbaru Windows 8.
UNIX juga melakukan usaha untuk maju. Dari semua itu, sistem operasi linux muncul dan memberikan cerita yang sukses. Linux juga semakin berkembang dari tahun ke tahun dikarenak merupakan software yang gratis/ open source
Previous
Next Post »

Terima Kasih Sobat Sudah:

1. Berkomentar Dengan Sopan
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan
4. Berilah Informasi Kepada Admin Jika ada script yang Sudah tidak berfungsi
5. komentar Jorok/kasar /berbau Sara/Porno /saya anggap sebagai SPAM
6. Tidak Mengcopy paste artikel ini ( Kecuali Udah Ijin sama ADMIN )

Demikian harap di maklumi . ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment